Kurangnya Partisipasi Generasi Muda Dalam Sektor Pertanian


Di zaman yang sudah modern ini minat dari generasi muda terhadap sesuatu yang sepele seperti pertanian sangatlah rendah, bagaimana tidak hampir dari semua mahasiswa – mahasiswa yang lulusan dari jurusan pertanian setelah lulus bukannya terjun ke pertanian tetapi memalingkan arahan ke perbankan, kareana banyaknya stigma yang di anggap sebelah mata dalam dunia pertanian, padahal sector pertanian adalah sector yang menghasilkan pangan yang akan membuat negara tidak perlu untuk export bahan – bahan pangan lagi untuk menunjang kehidupan di negara dengan begitu bagi generasi muda harusnya tau akan hal itu karena kita tidak perlu menggantungkan pangan terhadap negara lain.

Negara Indonesia merupakan negara agraris dan memiliki  sumber daya yang banyak akan tetapi kita kurang dalam mengelolanya, kurangnya generasi – generasi muda di Indonesia yang harus berupaya untuk menumbuhkan sikap pedulinya kepada sector pertanian agar semakin maju, karena itu dibutuhkan bagaimana  cara menumbuhkan pola piker pada generasi muda agar paham bertani.

Pertanian sangat berperan dalam pembangunan suatu daerah dan perekonomian dengan, pertanian harapannya mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi penduduk, sebagai sumber pendapatan, sebagai sarana untuk berusaha, serta sebagai sarana untuk dapat merubah nasib ke arah yang lebih baik lagi. Peranan pertanian tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan ekonomi petani dengan cara pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Sektor pertanian mempunyai peranan yang penting dan strategis dalam pembangunan nasional. Peranan tersebut antara lain: meningkatkan penerimaan devisa negara, penyediaan lapangan kerja, perolehan nilai tambah dan daya saing, pemenuhan kebutuhan konsumsi dalam negeri, bahan baku industri dalam negeri serta optimalisasi pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan.Hal ini ditunjukkan oleh besarnya kontribusi sektor pertanian terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) terutama pada masa kirisis ekonomi yang dialami Indonesia.

Kebutuhan pangan yang merupakan peranan dari sector pertanian  akan semakin penting dikarenakan terusnya bertambah populasi masyarakat di Indonesia yang perlu dalam hal pangan. Pentingnya pangan dalam kehidupan sehari–hari adalah hal pokok yang harus di lakukan karena tidak semua masyarakat dapat mendapatkannya karena di beberapa tempat ada yang masih terjadi kelaparan karena kurangnya pasokan pangan di daerahnya


Bangsa Indonesia yang merupakan negara agraris,yang para generasi mudanya yang kurang berminat dalam bidang pertanian maka perlu di adakan terobosan -terobosan agar bidang pertanian di minati para generasi muda yang berkualitas agar kembali di minati agar tidak menyia- nyiakan sumber daya yanbg berlimpah di negara sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kontribusi Mahasiswa Sebagai AGENT OF CHANGE Untuk Menyikapi Kebijakan - Kebijakan Pemerintah

Peran Pemerintah dan Akademisi dalam Menjalankan Pembangunan Berkelanjutan SDGs (Sustainable Development Goals)

Pengabdian UB FOREST Perekonomian Indonesia