Pengabdian UB FOREST Perekonomian Indonesia


UB Forest adalah hutan pendidikan seluas 554 hektare di kawasan lereng Gunung Arjuno, tepatnya di Dusun Sumbersari, Desa Tawang Argo, Karangploso, Kabupaten Malang. Pada tanggal 19 hingga 21 May kelas AE Perekonomian Indonesia akan mengadakan pengabdian diri kepada masyarakat di sekitar UB Forest.

Dimulai pada pukul  14.00 hingga jam 15.00 saya sebagai divisi Transkoper mengkordinir kepada teman – teman untuk berkumpul di (GKM) Gedung Kebudayaan Mahasiswa untuk bersiap – siap untuk menuju UB Forest pergi menggunakan angkot. Perjalanan disana memakan waktu kurang lebih 45 menit, dan pada saat setiba disana saya dan teman – teman langsung membawa semua peralatan masing – masing ke Musholla dan menemui kepala RT disana, setelah itu bersiap – siap untuk membersihkan sekitar Musholla dan menunggu hingga sholat maghrib berjamaah hingga pada saat pukul 20.00 kembali kerumah inang masing – masing untuk mempersiapkan besok untuk mengikuti kemana keluarga tersebut bekerja.

Saya ditempatkan pada rumah 1 dengan kepala keluarga yaitu pak Wahyu beliau bekerja sebagai petani di sebuah ladang di sekitar perusahaan ayam petelor. Pada hari sabtu tersebut saya tidak bisa mengikuti beliau pak Wahyu dikarenakan ladang yang jauh jadi saya tidak dapat memungkinkan ke ladang tersebut, tetapi saya tetap bisa ke ladang karena di sekitar rumah pak wahyu. Saya ditemani dengan istri beliau untuk membersihkan ladang tersebut dari rumput liar sesampainya disana istri pak Wahyu banyak bercerita tentang arti dari tanaman kopi tersebut dan  beberapa masalah kenapa banyak tanaman kopi disini tidak bisa berbuah, beliau mengatakan disini tanaman kopi tidak bisa berbuah dikarenakan adanya banyak pohon pinus di sekitar tanaman kopi sehingga tanaman kopi tersebut tidak bisa berfontosintesis karena setiap bunga – bunga kopi yang baru saja akan layu dikarenakan tidak bisanya sinar matahari tersebut menyinari tanaman kopi tersebut setelah selesai saya ke musholla untuk melihat anak – anak bermain games dengan teman – teman.

Setelah seharian melakukan aktivitas setelah sholat maghrib adanya kegiatan rumah tamah dimana kami sebagai pendatang mengundang seluruh warga untuk mengadakan doa bersama untuk mensukseskan acara kami setelah berdoa dan makan tumpeng bersama hingga kembali ke rumah inang masing – masing. Besoknya seluruh teman – teman mengadakan kerja bakti membersihkan seluruh penjuru di sekitar rumah 1 hingga 11 dari atas dan bawah setelah itu membagikan sembako kepada semua warga setempat sebagai balas budi kami karena dapat diterima di sekitar setelah itu mempersiapkan untuk balik ke UB dan sampai FEB pada pukul 13.00 dan teman teman pulang seperti biasa.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kontribusi Mahasiswa Sebagai AGENT OF CHANGE Untuk Menyikapi Kebijakan - Kebijakan Pemerintah

Peran Pemerintah dan Akademisi dalam Menjalankan Pembangunan Berkelanjutan SDGs (Sustainable Development Goals)